Pencegahan & Peringatan Generical Benza?

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan albendazole?
Sebelum menggunakan obat albendazole, pastikan untuk:

Beritahu dokter dan apoteker jika Anda memiliki alergi terhadap albendazole, mebendazole, atau salah satu bahan dalam tablet albendazole.
Beritahu dokter dan apoteker mengenai obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau berencana untuk Anda gunakan.
Beritahu dokter Anda jika Anda memiliki riwayat kesehatan yang berkaitan dengan penyakit hati, empedu, atau sumsum tulang.
Beri tahu dokter Anda jika Anda menyusui
Jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beritahu dokter atau dokter gigi tentang penggunaan albendazole
Jika Anda menggunakan albendazole untuk mengobati neurosistiserkosis, dokter Anda mungkin akan memberitahu Anda untuk menggunakan obat tertentu, demi mencegah kerusakan pada sistem saraf selama pengobatan Anda. Hubungi dokter segera jika Anda memiliki gejala seperti: kejang, sakit kepala, muntah, kelelahan ekstrem, atau perubahan perilaku.
Apakah albendazole aman untuk ibu hamil dan menyusui?
Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, kemungkinan sedang hamil, atau berencana untuk hamil. Anda sebaiknya tidak memulai pengobatan dengan albendazole sampai hasil tes kehamilan Anda negatif.

Anda tidak boleh hamil saat Anda menggunakan albendazole hingga, setidaknya, satu bulan setelah menyelesaikan pengobatan Anda. Bicarakan dengan dokter Anda tentang metode kontrasepsi yang dapat Anda gunakan selama pengobatan Anda.

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

A= Tidak berisiko
B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian
C= Mungkin berisiko
D= Ada bukti positif dari risiko
X= Kontraindikasi
N= Tidak diketahui
Interaksi
Obat lain apa yang mungkin berinteraksi dengan albendazole?
Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam artikel ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker.

Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter. Beritahu dokter Anda tentang semua obat-obatan lain yang Anda gunakan, terutama:

Simetidin, deksametason, atau praziquantel. Obat-obatan ini dapat meningkatkan risiko efek samping albendazole.
Teofilin. Risiko efek samping albendazole mungkin meningkat jika berinteraksi dengan obat ini.
Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan albendazole?
Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Salah satu jenis buah-buahan yang dapat berinteraksi dengan obat ini adalah jeruk bali. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan albendazole?
Adanya masalah kesehatan lain pada tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahu dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

Sistiserkosis yang melibatkan mata. Jika Anda sedang melakukan pengobatan dengan albendazole untuk cacing pita babi pada sistem saraf (neurosistiserkosis) harus diperiksa untuk luka pada mata. Penggunaan albendazole dapat meningkatkan kemungkinan efek samping yang mempengaruhi kondisi kesehatan mata.
Penyakit hati. Pasien dengan penyakit hati mungkin memiliki kemungkinan untuk mengalami peningkatan efek samping dari obat ini.
Overdosis
Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?
Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat (118/119) atau segera ke unit gawat darurat di rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?
Apabila Anda melupakan satu dosis obat albendazole, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.